Visi dan Misi

Visi: Seimbang dalam menerapkan ilmu dan teknologi serta bijaksana dan berlandaskan kasih.
Misi:
1. Mewujudkan nilai iman danPancasila menjadi ciri khas hidup bersama.
2. Mewujudkan nilai prestasi akademik dan nonakademik.
3. Mewujudkan managemen profesional.
4. Mengembangkan pola pikir kreatif inovatif dalam kemajuan nasional daerah dan sekolah.

Minggu, 27 November 2011

SKL Bahasa Indonesia

Membaca
Memahami secara kritis berbagai  jenis wacana tulis teks nonsastra berbentuk grafik, tabel, artikel, tajuk
rencana, laporan, karya ilmiah, teks pidato, berbagai jenis paragraf (naratif, deskriptif, argumentatif,
persuasif, dan eksposisi), serta teks sastra berbentuk puisi, hikayat, cerpen, drama, novel, biografi, karya
sastra berbagai angkatan dan sastra Melayu Klasik.

Menentukan unsur paragraf
Menentukan isi paragraf, simpulan paragraf, dan arti
istilah/kata dalam paragraf
Menentukan opini dalam tajuk rencana
Menentukan isi grafik, diagram, atau tabel
Menentukan unsur intrinsik dan isi hikayat sastra
Melayu Klasik
Menentukan unsur intrinsik cerpen
Menentukan unsur intrinsik novel
Menentukan masalah yang diungkapkan dan amanat
dalam drama
Menentukan maksud gurindam
Menentukan unsur intrinsik puisi
Menulis
Menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi, argumentatif, teks pidato, artikel/esai, proposal,surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, an berbagai karya sastra berbentuk. puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan
kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa.

Menentukan kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf.
Menentukan kata serapan untuk melengkapi poaragraf.
Melengkapi paragraf dengan kata baku.
Melengkapi paragraf dengan kata berimbuhan.
Melengkapi paragraf  dengan kata yang sesuai.
Melengkapi paragraf  dengan frasa yang sesuai.
Melengkapi paragraf analogi.
Memperbaiki kalimat simpulan generalisasi.
Melengkapi paragraf sebab akibat.
Melengkapi silogisme dengan kalimat yang tepat.
Melengkapi paragraf naraasi.
Menyusun kalimat acak menjadi paragraf.
Melengkapi teks pidato dengan kalimat persuasi.
Menentukan kalimat latar belakang karya tulis.
Menentukan judul karya tulis yang tepat.
Menentukan kalimat yang sesuai dengan konteks.surat (isi dan bagian struktur ) dalam penulisan surat lamaran pekerjaan.
Menentukan kalimat resensi
Melengkapi puisi dengan larik yang bermajas
Melengkapi dialog teks drama dengan peribahasa
Menentukan kalimat kritik sastra
Kisi-kisi

INDIKATOR PENCAPAIAN
·1      Disajikan sebuah paragraf , siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
·  2     Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utamanya.
·   3    Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan ide pokok paragraf.
· 4      Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat  yang sumbang.
·5       Disajikan kalimat topik, siswa dapat menentukan kalimat-kalimat penjelas yang sesuai.
·6       Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat membuat simpulan isinya.
· 7      Disajikan sebuah paragraf  yang di dalamnya terdapat penggunaan istilah, siswa dapat menyebutkan makna istilah tersebut.
·8       Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat yang berisi fakta.
· 9      Disajikan penggalan tajuk rencana, siswa dapat menentukan pendapat editorial.
· 10      Disajikan  sebuah grafik, diagram, atau tabel, siswa dapat membuat pernyataan yang sesuai.
· 11      Disajikan  sebuah grafik, diagram, atau tabel, siswa dapat membuat simpulan yang sesuai.

· 12      Disajikan penggalan hikayat sastra Melayu Klasik, siswa dapat menentukan isi hikayat tersebut..
· 13      Disajikan penggalan hikayat sastra Melayu Klasik, siswa dapat menentukan nilai moral yang terdapat dalam hikayat tersebut.
· 14      Disajikan penggalan hikayat sastra Melayu Klasik, siswa dapat menentukan amanat cerita.
· 15      Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan watak tokoh.
· 16      Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan penggambaran watak tokoh cerita.
· 17      Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan konflik cerita.
·18       Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan penyebab konflik dalam cerita.
·19       Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan akibat konflik dalam cerita.
·20       Disajikan penggalan novel, siswa dapat membuktikan latar cerita
·21       Disajikan penggalan drama, siswa dapat menentukan masalah yang ada dalam cerita tersebut.
·22       Disajikan penggalan drama, siswa dapat menentukan amanat yang terkandung dalam cerita tersebut.
·23       Disajikan sebuah gurindam, siswa dapat menentukan maksud yang terkandung dalam gurindam tersebut.
·24       Disajikan puisi, siswa dapat menentukan maksud isi puisi tersebut.
·25       Disajikan puisi, siswa dapat menentukan makna lambang dari kata yang digunakan dalam puisi tersebut
·26       Disajikan penggalan esai, siswa dapat menentukan isi yang terkandung di dalamnya.

· 27      Disajikan penggalan hikayat sastra Melayu Klasik, siswa dapat menentukan isi hikayat tersebut..
· 28      Disajikan penggalan hikayat sastra Melayu Klasik, siswa dapat menentukan nilai moral yang terdapat dalam hikayat tersebut.
·29       Disajikan penggalan hikayat sastra Melayu Klasik, siswa dapat menentukan amanat cerita.
· 30      Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan watak tokoh.
·31      Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan penggambaran watak tokoh cerita.
·32       Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan konflik cerita.
· 33      Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan penyebab konflik dalam cerita.
·  34     Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan akibat konflik dalam cerita.
· 35      Disajikan penggalan novel, siswa dapat membuktikan latar cerita
· 36      Disajikan penggalan drama, siswa dapat menentukan masalah yang ada dalam cerita tersebut.
· 37      Disajikan penggalan drama, siswa dapat menentukan amanat yang terkandung dalam cerita tersebut.
·38       Disajikan sebuah gurindam, siswa dapat menentukan maksud yang terkandung dalam gurindam tersebut.
·39       Disajikan puisi, siswa dapat menentukan maksud isi puisi tersebut.
· 40      Disajikan puisi, siswa dapat menentukan makna lambang dari kata yang digunakan dalam puisi tersebut
·41       Disajikan penggalan esai, siswa dapat menentukan isi yang terkandung di dalamnya.

·42       Disajikan penggalan puisi yang rumpang, siswa dapat melengkapi bagian yang rumpang tersebut dengan larik yang bermajas

·43       Disajikan penggalan teks drama yang rumpang, siswa dapat lelengkapi bagian rumpang tersebut dengan peribahasa yang tepat.
· 44      Disajikan penggalan teks, siswa dapat menentukan kalimat kritik sastra  yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar